Untuk Kalian Yang Suka Traveling Wajib Coba Ke Kota Pattaya Karna Ada 9 Tempat Yang Bikin Kalian Terpesona

 Pattaya adalah salah satu kota resor pantai terbesar di Asia dan kota kedua yang paling banyak dikunjungi di Thailand, setelah Bangkok. Kota Pattaya terbagi menjadi tiga area utama, yaitu Naklua, Pantai Pattaya dan Jomtien.



Perkembangan kota ini sangat pesat, terlebih di daerah Jomtien-Sattahip yang penuh dengan atraksi wisata yang tersebar di kanan-kiri Jalan Sukhumvit-Moo, Na Jomtien.

Sejak setahun lebih saya tinggal di Pattaya, Provinsi Chonburi-Thailand, cukup banyak teman dari Indonesia datang berkunjung.

Kebanyakan dari mereka yang sudah sering ke Bangkok, dan kali ini memilih Pattaya sebagai destinasi berikutnya di Thailand.

Pertanyaan umum dari mereka adalah ada apa di Pattaya? Ke mana? Apa saja yang dilakukan? Tempat mana saja yang perlu didatangi?

Selain itu, apa saja yang baru selain Walking Street dan Tifanny Show di kota yang ingin mengubah kesan dari 'party-city' menjadi 'family destination city' ini.

Sebagai ‘farang’ (atau bule) yang jadi ‘orang lokal’ di sini, saya ingin berbagi informasi mengenai Pattaya.
Bagaimana cara ke Pattaya?

Dari Jakarta, Pattaya bisa dicapai dengan pesawat AirAsia (via Kuala Lumpur) ke Bandara Utapo (Pattaya-UTP). Tiket pesawat dari Jakarta ke Pattaya berkisar Rp 1.400.000 - 2.200.000 pulang-pergi. Sekitar 40 menit dari bandara ke pusat kota dengan taksi (890 Baht) atau shared-van (250 Baht per orang). Paling gampang, dijemput teman, seperti saya.

Jika mendarat di Bandara Don Mueang (DMK), cara paling mudah dan termurah adalah dengan menggunakan free-shuttle ke Bandara Suvarnabhumi.

Dengan modal boarding pass Anda bisa mendapatkan layanan transfer gratis antar-dua bandara ini. Lokasi transpor gratis ini berada di ground floor gedung terminal DMK.

Makanan yang dijual di Thepprasit Night Market, Pattaya. Ada banyak pilihan makanan khas Thailand dari sushi hinggga mango sticky rice dan smoothie segar.

Tiba di Bandara Suvarnabhumi, turun ke lantai 1 paling ujung kiri, di situ ada booth bus tujuan Pattaya. Lama perjalanan bus sekitar 1 jam 45 menit, dengan membayar tiket sebesar 120 Baht per orang.

Pilihan lainnya adalah dengan taksi seharga 1.500 Baht per mobil.
Tinggal di Mana di Pattaya?

Sebaiknya, pilih lokasi di pusat kota Pattaya agar dekat kemana-mana. Pilihan hotel juga banyak dan beragam.

Layaknya di Kuta, Bali di pusat kota Pattaya-Klang juga banyak resor berbintang atau hotel dan hostel. Jika sewa mobil, saya sarankan pilih lokasi di sepanjang jalan Moo - Na Jomtien, Sattahip.

Daerah ini dikenal dengan resor pinggir pantai seperti Mövenpick Siam, Sea Sand Sun, U Pattaya, Dor Sahda, Renaissance dan Ocean Marina Yacht Club.

Daerah ini lebih tenang karena dekat dengan kompleks perumahan, dengan pantai berada di sisi selatan dan pegunungan di sisi timur, dan tinggal jalan lurus ke tempat-tempat baru di Pattaya. Berhubung saya tinggal di sini, jadi saya ajak teman-teman menginap di rumah.

Ke Mana Saja di Pattaya?
Begitu banyak tempat-tempat wisata yang ditawarkan Pattaya. Seperti yang saya kutip dari situs online TripCanvas "20 Family-Friendly Things To Do in Pattaya You Never Knew About".

Antara lain Frost Magical Ice of Siam, Bottle Art Museum, Sheep Farm, The Admirallica, a Pirate Cruise, Harbor Land, Horseshoe Point, Ripley’s Believe It or Not Museum, Kart Speedway, Teddy Bear Museum, Tuxedo Illusion Hall, Art in Paradise, Khao Kheow Open Zoo Pattaya, Mini Siam, Noong Nooch Garden, Floating Market, Underwater World, Max Muay Thai Stadium, dan masih banyak lagi.

Beberapa tempat wajib yang sering saya rekomendasi kepada Trinity, Zak, Viar, Gigih, Lita, Tina dan Ipul, dan teman-teman saya yang lain yang pernah berkunjung (minimal 3 hari) di Pattaya, adalah 9 tempat ini.

1. Cartoon Network Amazone-Waterpark

Ini adalah waterpark bertema Cartoon Network pertama di dunia. Taman air ini memiliki 10 zona hiburan dengan lebih dari 25 wahana.

Jika Anda terbiasa dengan karakter seperti The Powerpuff Girls, We Bare Bears, Fin & Jake from Adventure Time, Ben10, Princess Bubblegum, dan berpikir bahwa wahana di sini hanya untuk anak-anak, maka Anda salah!

Selain thrill-seeker yang menyukai wahana seperti Omnitrix (satu-satunya kubah air tertutup di dunia), slide balapan Intergalactic Racers, Banana Spin dan Jake Jump yang membuat dengkul lemas ini, silakan coba beberapa wahana 'jantungan' favorit saya.

XLR8-TOR. Ini salah satu atraksi taman air tertinggi dan paling terjal di Asia. Coba 'jatuhkan' diri dari ketinggian 18 meter dengan mengikuti kecepatan air!

ALIEN ATTACK. Ini wahana dengan warna keren di dalam slide yang meluncur turun sepanjang 320 meter dengan pemandangan indah kota Pattaya.

HUMUNGASLIDE. Tantang diri sendiri dari ketakutan dan coba atraksi balap air sepanjang 213 meter dengan belokan dan tikungan, dan kecepatan yang melebihi kecepatan suara!

GOOP LOOP. Bukan wahana untuk penderita jantung, dijamin pingsan.

Tidak seperti atraksi lainnya, wahana ini mengharuskan kita untuk sabar berdiri dan menunggu beberapa detik untuk jatuh bebas sedalam 12 meter dengan putaran 360 di tikungan yang tajam! Teriakan Trinity masih terdengar, meski ia sudah sampai dibawah.

2. Kaan Show

Untuk pertama kalinya di Thailand, ada pertunjukan panggung dan teknologi kelas dunia. Pertunjukan teater imajinasi yang terinspirasi oleh sastra Thailand klasik, yang sangat kreatif.

Pertujukan di teater berkapasitas 1.500 seats ini berdurasi selama 90 menit dengan setiap adegannya mengundang kagum dan takjub.

Plot cerita: Bagi seorang pemuda seperti 'Kaan', membaca buku-buku sastra Thailand di perpustakaan tidak berbeda dengan minum obat tidur, narasi dan gambar kuno menidurkannya. Tapi kemudian pustakawan itu memberinya buku dengan nama Kaan di sampulnya dan menyuruhnya membacanya.

Saat Kaan membuka buku tersebut, kejadian yang tidak terduga terjadi: dia masuk ke dalam cerita bersama dengan sahabat karibnya 'Gabilpuksa', dan mereka memulai sebuah petualangan fantastis di mana karakter dalam literatur kuno mulai hidup.

Mereka harus mempertaruhkan semua yang mereka miliki dan menemukan cara untuk kembali ke dunia fana.

Saya suka stage-nya, lighting, sound-system, projector, skilled-casting, teknologi yang canggih, puppets yang luar biasa, aerial dan karakter utama serta maskot-nya.

3. Silver Lake Winery

Ini adalah tempat favorit saya di saat ingin 'menyendiri' dari keramaian kota Pattaya. Sambil ngewine atau sekadar ngopi, tempat ini menjadi pilihan saya untuk ngobrol panjang dan bersantai.

Silver Lake Winery di sebelah timur kota Pattaya, Thailand, ini menghadirkan suasana tenang dengan pemandangan kilang anggur yang indah.

Lokasi Silver Lake Winery cukup romantis, suasana tenang dengan pemandangan kilang anggur yang indah. Serasa berada di daerah pedesaan, dikelilingi kawasan perbukitan dan danau di sebelah timur kota Pattaya.

4. Horizon Rooftop

Mau lihat lansekap kota Pattaya? Selain restoran tebing ala Rock Bar Bali yaitu Rimpa Lampin, saya suka ke Horizon Rooftop Restaurant and Bar yang berada di komplek perbelanjaan Central Festival Mall.

Biasanya setelah berbelanja di mall terbesar di Pattaya ini, saya menghabiskan sore hari sambil menunggu sunset di lantai 34 hotel Hilton ini.

5. Glass House

Pilihan lain adalah di Glass House Beachfront Restaurant & Bar. Seperti namanya, restoran dan bar ini berada di pinggir pantai Na-Jomtien. Ada beberapa area tempat duduk, di dalam 'rumah kaca', di restoran dan bar, di teras ataupun di pinggir pantai.

Tempat ini memang termasuk ramai pengunjung, namun tetap menjadi pilihan saya untuk bersantai sambil sunset-an.
The Glass House Beachfront Restaurant and Bar

6. A' La Champagne

Tempat favorit saya berikutnya adalah A' La Champagne. Di sini, ada Tea Factory & More, Somtum Villa, Le Rouge Bar dan butik Petite Marche yang lucu.

Bagi penggemar Thai milk-tea dan somtum (Thai salad) seperti saya, tempat ini adalah heaven!. Menu pilihan saya disini adalah cold brewed-tea dan semua home-made cakes-nya.
A’ La Champagne
21/2 moo 1, Najomtien, Sattahip, Pattaya

7. Belanja

Nah, yang doyan berbelanja, saya bawa mereka ke Outlet Mall. Factory outlet seluas 12.000 sqm menawarkan lebih dari 300 brand produk dengan brand internasional.

Dari segala macam branded, seingat saya ada Adidas, Nike, Reebok, Ray Ban, Esprit, GAP, Hollywood Studio Store, GEOX, Lacoste, Nautica, Naturalizer, Hush Puppies, Crocs, Timberland, Rockport, Camel, Oakley, The North Face, Columbia, Keen, Teva,Kappa, PUMA, Palladium dan masih banyak sekali!

Outlet Mall di Pattaya, Thailand.
Outlet Mall di Pattaya, Thailand.(NOVA DIEN)
Berada tepat di belakang Outlet Mall, terdapat Thepprasit Night Market. Ini adalah tempat yang harus dikunjungi saat akhir pekan, Jumat sampai minggu. Ada banyak pilihan makanan dari sushi hingga makanan khas Thailand seperti mango sticky rice dan smoothie segar.
Pakaian dan pilihan lain seperti tas, sandal cantik, topi, pernak-pernik berkualitas baik, walau dengan harga sedikit lebih mahal daripada pasar lainnya. Tempat yang cocok untuk oleh-oleh khas Thailand.

Outlet Mall Pattaya & Thepprasit Night Market
Address: Thepprasit 1, Muang Pattaya, Amphoe Bang Lamung,

8. Kuliner

Menurut saya, semua makanan di Pattaya (Thailand) enak! Menu favorit saya adalah Pad Ka Pao (semacam nasi campur dengan daun basil dilengkapi daging pilihan kita), rasanya agak pedas dan wangi.

Selain itu, Som Tum (salad ala Thai) yang berisi irisan papaya muda, tomat dan telur asin, dengan bumbu khas Thai yaitu fish-sauce. Duh, jadi lapar.

Di Pattaya terkenal dengan istilah Mukata ata Mu Ka Hta, yaitu makanan yang dibakar (BBQ). All you can eat buffet yang dimulai seharga 100-400 Baht ini sangat populer bagi orang lokal.

Menu pilihan dari seafood dan daging dibakar atau direbus, termasuk buah dan sayuran, lengkap dengan makanan penutup. Air putih kebanyakan gratis di Pattaya.

Salah satu restoran ala-Mukata yang saya suka adalah restoran Fin Shabu yang berlokasi di 3/246 Pattaya 3rd Road, North Pattaya. Dengan menu pilihan bermacam salmon seharga Baht 499 untuk makan sepuasnya.

Ada banyak pilihan makanan dari sushi hingga makanan khas Thailand seperti mango sticky rice dan smoothie segar.
Favorit saya pastinya adalah salmon sashimi segar.

Tapi ingat, jika makanan pesanan tidak dihabiskan, kamu diwajibkan membayar sesuai menu per porsi yang tentunya mahal!

‘Garage’ adalah sebuah tempat tanpa nama yang hanya diketahui oleh orang lokal dan saya. Tempat makan ini memang berada di sebuah garasi rumah orang di jalan Moo 8. Di sini ada bermacam-macam 'makanan-rumahan' yang enak dan murah!

Saya makan berdua Trinity, dua piring nasi dan lauk, dua porsi sayuran dan daging dengan dua es teh susu Thailand hanya seharga 200 Baht atau Rp 80.000.

Glass House Beachfront Restaurant & Bar yang berada di pinggir pantai Na-Jomtien, Pattaya, Thailand.
Selama di Pattaya, jangan lupa ke 7-Eleven. Toserba yang menyediakan makanan sehari-hari yang fresh dan enak, dengan harga murah! Ada sup wonton, Pad Ka Pao, sushi-sashimi, dan sebagainya termasuk nasi putih. Cobain es krim duren dan moci!

9. Coral Island

Penggemar vitamin-sea yang belum puas dengan pantai di Pattaya, bisa ke Coral Island atau yang dikenal lokal dengan nama Koh Larn dan Samae San Island. Kedua pulau yang hanya ditempuh selama 30-45 menit dengan speed boat ini, lumayan untuk berjemur dan selfian.

Cara ke Coral Island sangat mudah. Tinggal datang langsung ke Bali Hai Pier yang berada di ujung selatan dari Walking Street, beli tiket kapal cepat dengan harga 400 Baht atau dengan feri seharga 60 Baht pulang pergi.

Mau yang lebih jauh lagi, saran saya adalah ke Koh Samet. Pulau berpasir putih bak bedak ini hanya dicapai sekitar 20-30 menit dengan kapal dari Seree Pier. Dermaga Seree bisa dicapai selama 1 jam 20 menit dari Sattahip (2 jam dari pusat kota Pattaya). Parkir mobil semalam di dermaga.

Saya selalu kangen kota Pattaya, tempat di mana matahari selalu ada. Kota yang jarang macet, songthaew dan tuk-tuk yang murah, huruf keritingnya, pasar malam, donut di perempatan lampu merah Sukhumvit, tukang jualan buah-buahan manis depan rumah, Thai massage, Khun Thai yang baik hati, dan pantai panjangnya. Pi Ning, Pi Pui dan Pi Joon, khob khun kha. Terima kasih... ( NOVA DIEN)

Komentar